Senin, 12 Februari 2024

Tips Jitu Memancing Ikan Bandeng Agar Mendapatkan Hasil Maksimal

fishermans-wharfIkan Bandeng memiliki nama latinnya Chanos chanos, sedangkan dalam bahasa Inggrisnya dinamakan dengan milk fish. 

Bandeng merupakan ikan yang sangat terkenal di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia. 

Di Indonesia sendiri ikan ini merupakan ikan konsumsi yang banyak dipelihara ditambak-tambak. Ikan Bandeng dapat hidup di air payau dan air asin. 

Sehingga tak jarang tambak-tambak yang ada biasanya tidak jauh dari laut dan tempat-tempat dimana pohon bakau hidup. 
 





Saat ini tambak dan kolam ikan Bandeng bukan saja digunakan sebagai pembibitan dan pembesaran untuk dijual. 

Namun ada beberapa tambak dan kolam Bandeng yang dijadikan sebagai kolam pancingan bagi para pemancing dengan sistem harian dan galatama.

Ikan Bandeng merupakan ikan yang paling asik untuk dipancing. Bagi yang sudah pernah merasakannya saja pasti ketagihan ingin mencoba untuk kedua kalinya. 

Hal ini lebih disebabkan karena sensasi tarikannya yang sangat brutal hampir seperti tarikan predator-predator laut. Bahkan ikan ini sanggup melompat-lompat jika sudah menancap pada kail saat fight sedang berlangsung. 

Ikan Bandeng akan berusaha secepat dan sekuat mungkin untuk melepaskan diri dari jeratan mata kail yang menancap pada mulutnya. Oleh karena itu banyak dari anglers yang senang memancing ikan Bandeng ini. 

Bagi yang belum pernah dan ingin mencoba memancing ikan ini jangan khawatir karena pada ulasan ini akan dibagikan tips memancing ikan Bandeng. 

Berikut beberapa tips untuk memancing ikan Bandeng.

1. Menentukan Spot

Spot ikan Bandeng di alam liar biasa dijumpai pada air payau dan air asin. 

Pada muara sungai dan tempat hutan Bakau merupakan tempat air payau yang sangat digemari ikan ini. Tepi pantai, dermaga dan pelabuhan biasanya juga terdapat ikan Bandeng, namun sangat sulit untuk dipancingi. 

Tempat yang paling gampang untuk dipancingi pastinya dikolam-kolam dan tambak-tambak yang dibuat untuk mancing dengan sistem harian dan galatama. Tambak dan kolam buat ikan Bandeng biasanya sangat luas dan lebar. 

Jika mencoba untuk memancing di pantai tunggu sampai musim Bandeng bertelur, biasanya 

Bandeng akan naik kepinggir jika pada saat musim bertelur. Jika kita tidak mengerti musimnya kapan, maka alternatifnya adalah dengan mencari tahu informasi dari nelayan setempat.

2. Mendeteksi Keberadaan Bandeng Pada Suatu Spot


Ikan Bandeng merupakan ikan yang senang bermain dengan gerombolan. 

Biasanya gerombolan ikan Bandeng akan mengitari suatu spot, sehingga jika umpan tidak disamar-sambar dalam waktu yang lama, maka kita perlu berpindah tempat. Titik dimana terdapat cipakan air, biasanya disitulah Bandeng berkumpul. 

Agar ikan bisa berkumpul ditempat yang kita inginkan, maka bisa diakali dengan melakukan bom pelet amis. 

Dengan begitu ikan Bandeng akan berkumpul.

3. Menentukan Waktu Yang Baik Untuk Memancing


Ikan Bandeng lebih senang jika kondisi cuaca dalam keadaan cerah dan tidak mendung. Waktu yang paling cocok adalah sekitar jam 1/2 9 pagi sampai dengan jam 12. 

Setelah pada jam tersebut biasanya Bandeng cenderung kurang bernafsu untuk memakan umpan. 

Maka jika telah lewat jam tersebut bisa dimulai lagi pada jam 3 sore sampai matahari mulai tenggelam. 

Memancing Bandeng di malam hari biasanya lebih susah dibandingkan dengan waktu diatas.

4. Menentukan Kondisi Cuaca Yang Baik


Bandeng yang terdapat pada tambak biasanya lebih ke air payau, jadi jika pada saat hujan turun kandungan garammnya akan berkurang dan menyebabkan air lebih tawar. 

Biasanya pada kondisi cuaca seperti ini ikan Bandeng sulit untuk memakan umpan bahkan dengan umpan yang katanya paling top. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ingin Sensasi Tarikan Mancing Ikan Wader yang Memuaskan…? Berikut Ini Beberapa Tips dan Triknya

fishermans-wharf |  Meski memiliki tubuh kecil, namun tarikan Ikan Wader cukup mengasikkan jika joran dan umpan yang dipakai sesuai. Ada be...